Rabu, 28 Januari 2009

Membuat dan Membasmi Worm-Virus

Worm? Dalam dunia komputer, istilah worm ini akan mengacu pada suatu program komputer yang didesain untuk menggandakan dirinya sendiri pada sistem (atau jaringan) komputer, sehingga sistem akan mengalami gangguan, kerewelan, atau kemacetan. Itulah desain awal program worm. Lalu apa perbedaan virus dengan worm? Memang agak susah mencari definisi yang pas untuk dua istilah ini. Pada perkembangannya, Virus dan Worm saling “menjarah” daerah kekuasaannya. Virus didesain mirip dengan virus biologis. Jadi, ia bisa berkembang biak dan menempelkan dirinya sendiri pada suatu file atau program. Sedangkan worm dalam berkembang biak ia tidak menempelkan dirinya sendiri pada suatu file. Jadi, ia tidak membutuhkan file atau program lain untuk berkembang biak. Ia akan menggandakan dirinya sendiri di memory saja atau dengan membuat file-file baru dengan suatu kriteria tertentu. Misalnya ia membentuk file baru dengan meminjam nama suatu folder atau file. Atau cara terekstrim adalah menindih file yang ada dengan program utamanya, sehingga akan menyebabkan file tersebut rusak digantikan dengan program worm. Saya pikir, itulah perbedaan mendasar antara worm dan virus. Pada perkembangannya ternyata worm mengalami suatu “mutasi genetika” sehingga selain membuat suatu file baru, ia pun akan berusaha menempelkan dirinya sendiri ke suatu file. Ini repotnya! Jenis “mutasi gen” inilah yang akan kita bahas dalam tulisan ini. Maksudnya biar lebih komplit dan seru. Juga, biar tingkat bahayanya melonjak semakin tinggi, tentu saja ☺. Seperti telah kita singgung di muka bahwa kita akan membuat suatu worm yang tidak murni lagi. Hybrid-lah kalau memang mau disebut begitu. Jadi, selain menggandakan dirinya secara “wajar” sesuai dengan “undang-undang worm”, ia akan menyerang dan menempelkan dirinya di file dokumen ms-word. Dengan kata lain, worm akan membuat suatu program virus macro! Jika Anda pernah membaca buku Bemain-main dengan Virus Macro Buku 1 dan Buku 2, dengan penulis yang sama, bisalah ini dianggap sebagai pengembangannya…☺ Jika masih penasaran dengan virus macro, coba cari kedua buku tersebut, jika memang masih ada di pasaran. Lumayan buat menambah pengetahuan tentang virus.

Visual Basic 6: Berkah atau Musibah?
Oleh karena worm yang kita desain mengalami reinkarnasi menjadi file exe, maka mau tidak mau, bahasa program yang dipakai pun harus diganti. Jika semula, saat membuat virus macro kita mengandalkan VBA (Visual Basic for Application) yang ada di aplikasi Word atau Excel, maka kali ini kita akan memakai Visual Basic “beneran”. Kita akan memakai Visual Basic murni. Pada model kita kali ini, kita akan memakai Visual Basic versi 6.0 (kok ndak Delphi aja pak…? Saya ndak bisa tuh…). Mengapa harus memakai Visual Basic 6? Ada rahasianya. Visual Basic versi ini mendukung file scripting object!Setahu saya Visual Basic dengan versi di bawah 6.0 tidak mendukung scripting object. Sedangkan program worm yang ada, seperti Love Letter misalnya, akan banyak mengeksploitasi skrip tersebut dalam bekerja. Jika worm lama bekerja dalam mode teks, maka worm yang ada pada saat ini banyak yang berbentuk file EXE. Sedangkan jika diteliti secara global, maka dapat dikatakan bahwa teknik pembuatannya sama saja. Sama-sama memakai fasilitas file scripting object. Hanya yang satu memakai file teks, yang lainnya memakai file EXE. Begitulah, skrip dengan fasilitas file scripting object tersebut adalah tulang punggung pembuatan worm yang kita bentuk. Jadi, jika dirunut… yang salah itu sebetulnya Visual Basic 6 lho… mengapa ia harus mendukung scripting object sehingga orang-orang usil (seperti saya dan Anda) dapat memanfaatkannya untuk keperluan nakal!! Nah! coba kalo tidak support, tentu worm m3r ini (dan worm-wom lainnya yang saat ini merajalela) tidak akan pernah ada, iya kan? hahahaha…☺Kesimpulannya: untuk saya pribadi, Visual Basic 6 ini adalah berkah. Jika Anda menganggapnya sebagai musibah ya….. memang itu nasib Sampeyan!!!.
Semua yang diatas tadi merupakan prolog saja, klo disini saya menuliskan script lengkapnya...waduh anda bisa membayangkan tangan saya bisa kriting.....mengetikkannya jadi saya sarankan anda mendownload tutorial lengkapnya saja....dijamin gratis deh....

Download tutorial selengkapnya

2 komentar:

aalil Belajar SEO mengatakan...

mantaab neh..Nice Blog nice Post..

VB 6...hahaha,,seru tuh bikin macem2 pake bahsa itu...mantaabb,,apalagi bikin program buat Virus iseng2 gt,,hihhhhhihi..

keep share bos..

maaf baru berkunjung..keterbatasan karena kesibukan saya..

sukses selalu..CMIW

Anonim mengatakan...

hmmm

boleh juga boss

tapi tolong tutorialnya lebih detail lagi soalnya masih programer baru boss